Infokes: luncurkan eClinic Leap!

Infokes Luncurkan eClinic Leap! Hadir dengan Fitur Penunjang Akreditasi

Mengusung kepraktisan pelayanan digital, eClinic Leap! hadir dengan fitur penunjang Akreditasi Paripurna.

PT Infokes Indonesia meluncurkan versi terbaru dari layanan rekam medis elektronik eClinic, yakni eClinic Leap!, untuk mendukung peningkatan mutu layanan klinik serta transformasi digital layanan layanan kesehatan di Indonesia. 

Peluncuran eClinic Leap! dilakukan oleh CEO dan Founder PT Infokes Indonesia, M. Hanif Dinada dalam kegiatan Seminar Power Talk bertajuk “Mencapai Keunggulan Klinik melalui Akreditasi Paripurna dan Digitalisasi Layanan” di Jakarta (16/09/2023) yang berlangsung secara hybrid dan dihadiri oleh pihak-pihak kesehatan, ratusan pengusaha dan pengelola klinik kesehatan dari seluruh Indonesia.

eClinic, merupakan sistem informasi manajemen klinik yang telah terintegrasi dengan banyak aplikasi lain di ekosistem layanan kesehatan primer di Indonesia, diantaranya aplikasi pCare BPJS, platform SATUSEHAT milik Kemenkes RI dan laporan jejaring ePuskesmas. Sampai akhirnya bertransformasi menjadi eClinic Leap!, aplikasi tersebut terus mengalami pembaharuan untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan pelayanan kesehatan.

Dibangun atas dasar perkembangan dan perubahan aspek kesehatan yang semakin mengadopsi digitalisasi, juga didukung oleh peraturan pemerintah yang mewajibkan fasyankes agar memakai sistem rekam medis elektronik dalam pelaksanaannya (Permenkes No. 24 Tahun 2022), eClinic Leap!, kemudian hadir untuk bantu mudahkan fasyankes khususnya klinik untuk memperoleh akreditasi paripurna. 

Dengan rekam jejak sistem eClinic yang terpercaya, dengan versi terbarunya, eClinic Leap! membantu klinik mencapai standar akreditasi klinik, yang terdiri dari 3 bab standar, yakni Tata Kelola Klinik (TKK), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), serta Penyelenggaraan Kesehatan Perseorangan (PKP).

“Klinik, sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan primer, memiliki peran penting dalam program transformasi kesehatan pemerintah”, kata Chief Commercial Officer PT Infokes Indonesia, Hery Purwanto. “Melalui peluncuran layanan eClinic versi Leap! ini, kami ingin membantu klinik di seluruh Indonesia dalam proses mencapai akreditasi paripurna, sebab fitur-fitur yang tersedia di eClinic Leap! tidak hanya memenuhi kriteria standar akreditasi, tetapi juga mampu meningkatkan kualitas pelayanan klinik secara berkelanjutan.”

eClinic Leap! membantu klinik mencapai standar akreditasi klinik

Akreditasi paripurna adalah penilaian tertinggi dalam hal peningkatan mutu pelayanan klinik. Melalui akreditasi ini, klinik memperoleh pengakuan terhadap mutu pelayanan fasilitas kesehatan.

Dalam peluncurannya, eClinic Leap!, memperkenalkan fitur-fitur yang dapat membantu klinik untuk memperoleh akreditasi paripurna diantaranya: Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi CPPT); Surgical Safety Checklist; General Consent; Informed Consent; Pengkajian Pra-Bedah; Pengkajian Pra-Anestesi; Skrining Penerimaan Resep, Konseling dan Pengarahan Resep; Laporan Waktu Tunggu Obat; Customer Satisfaction Survey; Laporan Survei Kepuasan; dan Laporan waktu Tunggu Pelayanan. 

Hery Purwanto juga menambahkan, Selama fase uji coba sistem, eClinic Leap! Telah membuktikan hasil yang baik. Klinik-klinik pengguna berhasil meraih predikat akreditasi paripurna selama menggunakan eClinic. Sehingga nilai fitur-fitur dari versi Leap! ini sudah sesuai dengan tuntutan mutu layanan klinik sesuai standart yang berlaku. 

Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, yang diwakili oleh dr. Victor Eka Nugrahaputra, M.Kes., menuturkan, implementasi rekam medis elektronik ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, khususnya pada akreditasi paripurna.

Nilai fitur-fitur dari versi Leap!, sudah sesuai dengan tuntutan mutu layanan klinik sesuai standart yang berlaku

Infokes dalam perilisian eClinic Leap! memperkenalkan fitur-fitur penunjang akreditasi klinik

Selain fitur-fitur penunjang akreditasi paripurna, eClinic Leap! melalui Infokes akan terus menambahkan fitur dan layanan baru ke aplikasi untuk pengalaman dan mutu pelayanan yang lebih baik lagi. 

Sebagai bagian dari rangkaian layanan Infokes, eClinic Leap! mewakili langkah selanjutnya dalam perkembangan sistem informasi kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh petugas medis hingga pasien. Infokes akan terus berupaya untuk memperluas kemudahan dengan memperbarui fitur-fitur baru untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang digital. 

Ke depannya, diharapkan semakin banyak klinik yang bekerja sama dengan eClinic Leap! demi peningkatan mutu pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia dan terwujudnya transformasi digital layanan kesehatan di Indonesia.

 

Aru/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top