Infokes Bersama Puskesmas Kota Batam, Lakukan Evaluasi

Infokes Gelar Evaluasi 21 Puskesmas di Kota Batam

Infokes masih intens dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di masyarakat. Hal tersebut ditunjukkan dengan keberangkatan tim Business Development Infokes ke Kota Batam dalam pemenuhan agenda evaluasi aplikasi ePuskesmas dengan pihak-pihak terkait. Kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari sejak hari Senin (19/06/2023) kemarin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan terhitung sejak Hari Senin (19/06/2023) dan berakhir pada Hari Sabtu (24/06/2023). Tim Infokes melipir ke beberapa Puskesmas di Kota Batam. Terdapat 21 (Dua Puluh satu) Puskemas yang mendapatkan agenda Evaluasi diantaranya:

  1. Puskesmas Bulang
  2. Puskesmas Tanjung Uncang
  3. Puskesmas Batu Aji
  4. Puskesmas Sei Langkai
  5. Puskesmas Sei Lekop
  6. Puskesmas Sei Pancur
  7. Puskesmas Botania
  8. Puskesmas Sambau
  9. Puskemas Kampung Jabi
  10. Puskesmas Lubuk Baja
  11. Puskesmas Tanjung Sengkuang
  12. Puskesmas Sei Panas
  13. Puskesmas Tanjung Buntung
  14. Puskesmas Baloi Permai
  15. Puskesmas Rempang Cate
  16. Puskesmas Kabil
  17. Puskesmas Galang
  18. Puskesmas Belakang Padang
  19. Puskesmas Sekupang
  20. Puskesmas Mentarau
  21. Puskesmas Tiban Baru

Pada pelaksanaannya, Puskesmas akan menyampaikan kendala yang terjadi, baik dari teknis maupun non-teknis. Beberapa puskesmas mendapatkan kembali tutor mengenai teknis tertentu. Seperti di Puskesmas Pancur dan Puskesmas Botania, dua puskesmas tersebut kembali mengulas prosedur fitur kasir karena sebelumnya terdapat isu pada implementasinya. Namun dengan bantuan petugas Infokes, kendala bisa diselesaikan bersama-sama.

Infokes Bersama Puskesmas Kota Batam, Lakukan Evaluasi

Selanjutnya, petugas Infokes pun berkesempatan bertemu dengan Dinas Kesehatan Kota Batam untuk melakukan kegiatan evaluasi juga. Kegiatan Dinkes bersama Kepala TU 21 Puskesmas Kota Batam itu dibuka oleh Bapak Oseven selaku Kasubag Perencanaan Program di Aula Puskesmas Sekupang.

Acara berjalan dari mulai pemaparan, manfaat ePuskesmas, sampai kendala dan saran dari Kota Batam untuk epuskesmas kedepanny. Pula dijelaskan pembuatan laporan dinamis dan statis yang dimana nantinya laporan inilah yang akan diisi oleh puskesmas dan di aporkan ke Dinkes. Sedikit berita bahagia akhirnya kesepatan kontrak 21 puskesmas telah selesai di lakukan kontrak-kontrak tersebut akan diproses.

ePuskesmas sendiri merupakan sistem aplikasi pelayanan pasien puskesmas yang memiliki system cloud computing. Sehingga ePuskesmas mampu diakses di beragam perangkat bermodalkan akses internet.

APLIKASI INI JUGA SUDAH MAMPU TERINTEGRASI DENGAN BERAGAM APLIKASI DARI KEMENTERIAN KESEHATAN TERMASUK PCARE DARI BPJS, DAN TENTUNYA SUDAH TERJAMIN SECARA KEAMANAN DATA.

Bapak Oseven berkesan, Aplikasi ePuskesmas akan menjadi aplikasi yang coba diterapkan di Kota Batam dan harapnya akan ada perubahan yang meningkat dari aspek pelayanan kesehatan. khusususnya basis digital.

“Agenda yang dilakukan selama satu minggu tersebut berjalan dengan lancar, pihak Puskesmas, Dinkes, dan rekan-rekan yang lain di sana memberikan respon yang baik. Terutama kepada ePuskesmas, rekan-rekan yang hadir antusias belajar bersama dan senantiasa menyampaikan kendala serta hal yang belum dimengerti. Harapnya aplikasi ePuskesmas ini dapat segera diimplementasikan penggunaannya di seluruh Puskesmas di Kota Bata,” Ujar Alief Rusliyansah, Petugas Infokes.

Aru/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top